Kamis, 27 November 2014

Tanaman Terong Rekayasa Umur Panjang

Budidaya terong merupakan usaha yang cukup memiliki masa depan yang cerah, jika dikelola dengan baik dan benar, karena terong dapat di panen 2 kali dalam seminggu untuk harga jualnya cukup lumayan tinggi bahkan saat ini terong merupakan produk ekspor bagi negara Jepang. Karena anggapan orang kandungan gizi dan khasiat buat kesehatan.

 

Walaupun memiliki keistimewahan tersebut, pohon terong yang biasanya tidak dapat bertahan lama, hanya mampu produksi 8 - 12 bulan saja, oleh sebab itulah akan menjadi kendala bagi petani terong dalam memelihara harus membongkar atau menganti pohon baru dan menyiapkan modal lagi untuk mengelola lahan kembali.

Dari pengalaman diatas, kami mencoba mencari cara supaya pohon terong dapat memiliki masa produksi yang lama (panjang umur) dan memiliki buah yang banyak. Dan akhirnya kami merekayasa pohon terong agar masa hidup dan produksi buah sampai 3 - 10 tahun.




Dengan demikian kita hanya cukup sekali menanam pohon terong dan dapat memanen buah terong berkali-kali tanpa harus berulang-ulang menanan atau membongkar lahan untuk pengolahan lahan. Sehingga hal ini dapat mengurangi biaya operasional produksi dan akhirnya malah meningkatkan produksi terong.

Untuk buah terong nya sediri yang bisa di rekayasa bukan hanya sekedar buah pohon terong ungu saja namun buah terong jenis lainpun baik contohnya terong hijau, terong putih, terong bagong dan terong bulat.


Tanaman terong yang sudah kami rekayasa tersebut memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut :

  1. Menghemat biaya penanaman ulang.
  2. Hasil buah lebih banyak dari pada terong yang tidak direkayasa.
  3. Buah bertahan lama bila sudah dipanen atau buah tidak mudah layu bila sudah dipetik.
  4. Buah lebih berbobot dan ukurannya besar.
  5. Usia pohon lebih lama dari pada pohon terong yang tidak direkayasa.
  6. Karena Pohon terong yang direkayasa cukup unik maka dapat dijadikan tanaman hias.

Pertama kali kami mencoba merekayasa tanaman atau pohon terong panjang umur ini, masyarakat di sekitar memandang sebelah mata, karena yang mereka tau pohon terong memiliki umur yang pendek dan tidak dapat bertahan lama. Akan tetapi setelah satu tahun lamanya tanaman pohon terong rekayasa kami masih menunjukkan pertumbuhan dan produktifitas buah yang baik. Sehingganya bagi masyarakat sekitar melihatnya menjadi terheran-heran.


Sejak saat itu, masyarakat sekitar mulai berdatangan untuk belajar mengetahui bagaimana budidaya terong panjang umur tersebut. Untuk lebih luasnya bagaimana budidaya rekayasa pohon terong umur panjang tersebut kami mengundang masyarakat luas agar dapat berbagi pengetahuan tentang pertanian ini dengan membuat pelatihan tanam terong rekayasa.

Pelatihan tersebut meliputi:
1. Cara penyemaian benih.
2. Cara merawat pertumbuhan benih / bibit.
3. Persiapan pengolahan lahan tanaman.
4. Praktek rekayasa terong panjang umur.
5. Jarak tanam dan perawatan pohon terong panjang umur.
6. Cara pengendalian hama.
7. Cara pemupukan.
8. Cara pemanenan.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang budidaya pohon terong panjang umur. Bukan hanya teori namun dapat praktek maka dapat mengikuti pelatihan di alamat :

Kandangsari, Sukoarjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.
Nomor Handphone : 0813  9164 7000 (Mas Din)

Untuk memudahkan kami juga menerima pesanan bibit terong yang sudah di rekayasa baik jumlah uji coba tanam atau untuk skala produksi yang besar.